Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
30 Mar

Tips Memilih Dan Mendekor Gorden Minimalis Yang Tepat

tips memilih gorden minimalis

gorden minimalis dan gorden klasik custom gorden jakarta

Memilih Gorden Minimalis Yang Tepat Sesuai Ruangan

tips memilih gorden minimalis

tips memilih gorden minimalis

Dalam sebuah rumah atau ruangan tentunya terdapat jendela baik dengan ukuran yang besar maupun kecil yang dapat berfungsi sebagai pengatur pencahayaan dan sirkulasi udara.

Dengan adanya jendela, tentu tidak mungkin dibiarkan begitu saja. Jendela juga perlu di perindah dan dilengkapi dengan adanya gorden yang berfungsi sebagai pembatas cahaya yang masuk serta menjaga privasi rumah agar tidak terlihat bebas dari luar.

Gorden atau juga biasa disebut dengan tirai merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keindahan ruangan. Namun, anda juga perlu memilih gorden yang tepat untuk menambah rasa nyaman dan keindahan rumah anda.

Ada berbagai macam jenis dan model gorden yang tersedia dan dijual, mulai dari gorden minimalis, gorden klasik, gorden tradisional yang bisa anda sesuaikan dengan desain interior ruangan anda.

Anda bisa menyesuaikan dan memilih gorden yang tepat untuk ruangan anda sehingga memiliki ciri tersendiri disetiap ruangan.  Karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih jenis gorden yang tepat.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengenali tema dari ruangan anda. Anda harus tahu betul mengenai tema ruangan anda, apakah bergaya minimalis, klasik, tradisional, modern, futuristik atau modern tradisional. Dengan mengetahui tema dari ruangan maka anda dapat dengan mudah memilih gorden yang tepat.

Pemilihan gorden yang tepat sesuai dengan tema ruangan bertujuan agar antara warna gorden maupun model gorden tidak bertentangan atau bertabrakan dengan desain interior ruangan. Pemilihan yang sesuai akan memberikan kesan yang harmonis dan manis.

Untuk anda yang memiliki ruangan dengan gaya minimalis maka gorden yang cocok untuk adalah gorden minimalis yang biasanya kain polos yang dapat memberikan kesan lebih bersih. Anda pun juga bisa memilih model motif namun dengan motif yang tidak terlalu besar.  Dan biasanya gorden minimalis memberikan kesan sederhana dan simple.

Rumah bergaya klasik, untuk rumah bergaya klasik anda perlu memilih gorden klasik dengan warna gorden yang selaras dan serasi dengan warna ruangan. Tidak hanya warna polos saja, anda pun juga bisa memilih gorden dengan motif dan tambahan renda atau poni sesuai nuansa ruangan. Untuk anda yang memiliki rumah bernuansa klasik anda juga bisa memilih gorden dengan model dan desain gorden yang rumit seperti berlipat-lipat dan berlapis-lapis.

Pada ruangan bernuansa klasik anda bisa memilih gorden yang panjang dan dilengkapi dengan poni gorden atau renda-renda serta aksesoris pelengkap lainnya.

Dan untuk anda yang memiliki ruangan dengan desain tradisional modern, anda bisa memilih gorden dengan pilihan warna natural seperti putih, broken white, maupun warna alami lainnya. Dan anda pun juga bisa memilih dan memadukan gorden motif untuk ruangan anda.

Selain itu, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah :

  1. Pilihlah gorden dengan ukuran jendela yang benar

Hal yang paling utama ketika anda hendak membeli gorden adalah mengetahui ukuran jendela yang akan di pasang gorden. Dengan mengetahui ukuran yang tepat maka anda dapat membeli gorden yang sesuai, anda tidak akan mengalami masalah gorden yang kebesaran ataupun kekecilan. Dengan begitu tidak hanya akan menghemat waktu anda, anda pun juga dapat menghemat uang anda.

Dalam mengukur lebar dari gorden, anda perlu menambahkan 10 – 20 cm pada kedua sisi dan ukuran dari keseluruhan kain perlu anda kalikan 2. Agar jendela anda dapat tertutupi dengan gorden secara sempurna.

2. Pilihlah warna dan motif yang sesuai dengan desain interior ruangan.

Untuk mendapatkan suasana ruangan yang lebih indah, serasi dan nyaman maka anda perlu memilih warna gorden yang tepat sesuai dengan ruangan, karena perpaduan warna dan motif yang tepat akan menambah nilai keindahan dan estetika dari suatu ruangan.

3. Pemilihan rel gorden yang tepat

Anda dapat memilih rel gorden yang berbahan dasar alumunium atau bahan kuningan. Karena bahan tersebut lebih awet digunakan dan tidak mudah berkarat.

4. Pilih jenis bahan kain gorden yang tepat

Ada berbagai macam jenis bahan gorden yang bisa digunakan untuk gorden anda, hanya saja anda perlu memilih secara tepat kain gorden yang akan gunakan. Karena dengan pemilihan yang tepat dapat menentukan jangka waktu penggunaan gorden serta dapat menentukan fungsi dari gorden itu sendiri.

Kain gorden yang terlalu berat juga akan menyulitkan anda dalam menata gorden dan ketika membersihkannya. Untuk anda yang ingin menghalau sinar matahari bisa menggunakan bahan gorden blackout maupun semi blackout.

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, anda bisa bisa mencari referensi mengenai jenis atau model gorden yang sesuai dengan desain anda sebagai panduan anda. Anda bisa mencari berbagai referensi melalui internet maupun media cetak seperti majalah, ataupun langsung kepada orang yang ahli mengenai jenis gorden yang bisa dan cocok dengan ruangan anda. Sehingga anda tidak perlu bingung dalam memilih model gorden, bahan dan warna yang sesuai dengan ruangan anda.

Ada berbagai macam jenis gorden yang bisa anda pilih sesuai dengan desain interior ruangan yaitu :

  1. Gorden atau tirai geser yaitu diaplikasikan dengan cara dibuka dengan cara diseger ke samping. Dan biasanya bahan gorden yang digunakan juga beragam mulai dari bahan sutra, sati, linen, beludru, katun maupun bahan lainnnya. Jika anda menggunakan gorden pilihlah gorden dengan motif dan warna yang tepat dan sesuai dengan dekorasi ruangan.
  2. Tirai model lipat adalah jenis gorden lainnya yang bisa anda gunakan. Fungsinya sama seperti gorden pada umumnya hanya saja cara penggunaannya atau mengaplikasikannya yang berbeda. Ada beberapa jenis tirai lipat seperti roller blinds (menggulung keatas), roman shade ( berbentuk lipatan-lipatan), vertical blinds (melipat kesamping).
  3. Wooden blinds atau kerai, merupakan jenis tirai yang terbuat dari bahan kayu, alumunium maupun kertas. Namun tetap memiliki fungsi yang sama seperti gorden pada umumnya. Penggunaan wooden blinds dapat memberikan kesan tersendiri pada ruangan anda.

Selain memperhatikan hal diatas, harga gorden juga perlu menjadi pertimbangan anda dalam memilih gorden. Perbedaan harga gorden biasanya dibedakan berdasarkan jenis bahan yang digunakan, model serta aksesoris gorden yang digunakan.

Karena setiap jenis bahan memiliki kualitas yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi dari harga gorden tersebut. Model gorden juga dapat mempengaruhi harga, misalnya untuk harga gorden klasik yang bisa terbilang lebih mahal dari gorden minimalis. Hal tersebut dikarenakan pada gorden klasik menggunakan poni atau lipatan-lipatan sehingga menggunakan banyak bahan.

Penambahan harga gorden juga bisa terjadi jika anda menggunakan aksesoris pelengkap gorden seperti tassel (pengikat gorden ketika dibuka), vitrase, renda, maupun bracket, simbory, end cup, pita dll

Dengan memilih gorden yang tepat serta mendekorasikan secara baik dapat menambah kesempurnaan dari tampilan keindahan ruangan anda.

Sekian dari informasi yang bisa menjadi referensi dan panduan anda dalam memilih jenis, model gorden yang tepat dan sesuai dengan desain ruangan anda baik gorden minimalis maupun klasik. Semoga pembahasan tadi bisa membantu anda sehingga dapat memilih gorden yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

081239393636 – sales@gordenjakarta.comHubungi Kami